'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Profil Aisyiyah Kabupaten Gowa
Home » Profil

PROFIL AISYIYAH KABUPATEN GOWA

 

Sejarah terbentuknya Aisyiyah

            Latar belakang berdirinya Aisyiyah di Kabupaten Gowa adalah karena situasi dan kondisi Aqidah umat Islam saat itu sangat memprihatinkan, disebabkan masih dipengaruhi aliran-aliran Animisme, Dinamisme dan membesarkan-besarkan pengaruh budaya yang bertentangan dengan Aqidah Agama Islam.

            Karena kondisi masyarakat Gowa seperti itulah yang mendorong keinginan dari keluarga H.M. Yunus Dg Mannangkasi untuk memajukan Aqidah dan pendidikan perempuan dari segala sektor. Maka dipanggillah ibu – ibu rumah tangga dilingkungan daerah Sungguminasa dan sekitarnya. Dan dikumpulkanlah ibu – ibu tersebut untuk mengikuti kursus menjahit, menyulam, memasak dan membuat kue yang dipelopori oleh St. Aminah Yunus dan St. Rukiah Yunus sebagai bendahara dan tenaga pengajar. Dengan Kegiatan ini ibu – ibu rumah tangga menjadi terampil dan dapat menopang ekonomi keluarga masing – masing. Semakin hari kegiatan ibu – ibu menjadi semakin berkembang dan bermanfaat, sehingga anggotanyapun menjadi bertambah. Inilah cikal bakal berdirinya Aisyiyah di kabupaten Gowa.

            Keadaan ini membuat mereka perlu suatu wadah atau organisasi sebagai penggerak             (organisator) mereka, maka dibentuklah perserikatan Aisyiyah Sungguminasa sebagai Ortom Muhammadiyah pada Tahun 1936, agar lebih leluasa menjalankan Visi dan Misi Aisyiyah sebagai pengikut jejak langkah dan pola kehidupan Aisyiyah r.a istri Nabi Muhammad SAW. Akhirnya didirikanlah organisasi Aisyiyah di kabupaten Gowa pada tahun 1962  yang bermula dilaksanakan di Cabang Aisyiyah Sungguminasa PDA Gowa dengan sk no. 1260/ppa/a/xii/1996 terhitung mulai tanggal 21 muharram 1382 atau bertepatan dengan tanggal 24 juni 1962 m dengan kode – w.12.o.

Cabang Aisyiyah Gowa ini semakin hari semakin berkembang dan memiliki beberapa amal usaha antara lain seperti Majelis Ekonomi Setelah mengadakan pelatihan LIFE SKILL TATA BOGA. Terbentuklah semacam pesanan – pesanan kue  kepada ibu – ibu yang telah mengikuti pelatihan. Dipasarkan diamal usaha Aisyiyah melalui Koperasi Aisyiyah disekolah. Setiap  ibu yang telah mengikuti pelatihan setiap harinya memasarkan kuenya dikoperasi tersebut sehingga membantu meringankan perekonomian rumah tangganya. Supaya usaha ini bisa berkembang lebih besar diharapkan Pimpinan Daerah membentuk koperasi yang berbadan hukum agar bisa mendapatkan bantuan modal. Agar ibu – ibu Aisyiyah bisa lebih produktif lagi.

Adapun periode kepemimpinan dan periode kepemimpinan Aisyiyah Kabupaten Gowa adalah sebagai berikut :

NO

PERIODE KEPEMIMPINAN

NAMA KETUA

1

TAHUN 1962 - 1980

HJ. ST. FATIMAH YUNUS

2

TAHUN 1980 - 1990

HJ. ST. TOHPAH DG NGATI

3

TAHUN 1990 - 2000

HJ. ST. MULYA WAHAB, BA

4

TAHUN 2000 - 2010

HJ. MUKMININ SAMAD, BA

5

TAHUN 2010 - 2015

Dra. HJ. MUZDALIFAH WAHAB

6

TAHUN 2016 - 2020

Dra. HJ. MUZDALIFAH WAHAB

Shared Post: